YHWH bukan Berhala tetapi Nama Tuhan yang Sudah ada Dalam Firman

YHWH bukan Berhala tetapi Nama Tuhan yang Sudah ada Dalam Firman

Semakin berjalannya waktu banyak sekali yang menggunakan kalimat YHWH atau Yahweh untuk masalah ketuhanan di sebagian besar dunia bagi umat-umat kristen atau juga umat yahudi. Orang-orang disini memberikan tanggapan bahwasannya kembali ke perjanjian lama jadi ada sebagian yang mempertahankan untuk tidak mengucapkan kata YHWH. Sebenarnya sudah lama sekali YHWH ini tidak disebut atau dilafalkan karena pada zaman dahulu atau bisa disebut lampau mengarah pada hal yang penuh kesesatan. Di tahun 2001 ada hantaman mengenai penyebutan YHWH ini di gereja-gereja. Dan, sampai sekarang masih booming di sebuah gereja-gereja besar dalam penyebutan YHWH yang dipulihkan. Jadi, hal seperti ini mungkin juga karena gerakan dari ruh kudus itu sendiri. Namun, sebagian besar orang tidak ada gerakan dari hatinya untuk belaar, jadi mereka sering menganilisis hal-hal baru yang baru diterapkan seperti YHMH menurut beberapa perkataan satu dengan perkataan lain, jadi lebih memilih kata orang. Sebagian besar orang menganggap bahwa YHWH itu berhala tetapi mereka hanya mengedepankan sudut pandang satu orang.

Bahwasannya, sebenarnya YHWH ini sudah tercantum dalam firman Tuhan. YHWH bukanlah berhala karena bisa diibaratkan dengan permainan gitar. Gitar ini bisa dianggap memiliki YHWH dan pasti akan disembah oleh Yaaqov dan Avraham. Sudah jelas hal itu akan dilakukan oleh orang lain yang memberikan nama kepada bendanya YHWH dan pastinya mereka akan memujanya. Hal tersebut sudah dijelaskan dalam firman Tuhan di dalam kitabnya Tawarikh 16:26,bahwasannya selain hal yang menyangkut dengan Dirinya dalah berhala yang tidak patut untuk disembah. Jadi, bahwasannya YHWH adalah satu, YHWH adalah Tuhan, dan patut dia satu-satunya untuk disembah oleh umat manusia yang memegang kepercayaan ini. Jika, ada manusia yang membuat YHWH sendiri dengan tangannya maka pada hari akhirnya akan diperlihatkan sendiri bahwa hal tersebut adalah berhala yang tidak patut untuk disembah. Jika, penerapan YHWH itu berhala bahwasannya hal tersebut dilakukan oleh negara-negara yang menyembah berhala tidak pernah melakukan pembicaraan dan menutup rapat bangsanya, serta kurang memperkenalkan diri keluar wilayah. Padahal, hal seperti ini penamaan Tuhan yang berasal dari bahasa Ibrani sudah ada di saat terjadinya pembuangan warga yudaisme yang terjadi pada masa Babilonia.

Jadi, pada akhirnya YHWH itu disembah oleh anggota Yaaqov, Avraham, dan bapa Yitshkaq. Tetapi, dengan pemikiran orang lain yang mereka sembah itu adalah berhala. Karena, mereka hanya memandang satu sudut saja tanpa perlu adanya analisis yang lebih mendalam tentang YHWH yang sudah sejak dulu ada pada masa yudaisme di Israel. Walaupun, penggunaan dari YHWH ini tidak diperbolehkan pengucapannya secara sembarangan, jika ingin melafalkan YHWH ini dapat diucapkan secara halu dan lembut saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Tweet
Share
Pin
Share