TUHAN Bangsa Israel YHWH atau Yahweh

TUHAN Bangsa Israel YHWH atau Yahweh

Penduduk dari bangsa israel sebagian besar beragama yahudi. Kata dari yahudi ini merupakan kata yang diambil dari keturunan dari Yehuda. Pada akhirnya, keseluruhan orang di warga negara bangsa Israel memanggil mereka dengan sebutan nama agama mereka yaitu orang-orang yahudi. Nama dari Tuhan bangsa Yahudi ini adalah YHWH yang biasanya pelafalan dari nama YHWH atau Yahweh. Nama YHWH sendiri dalam alkitab diantaranya adalah YHWH Jireh, Nissi, Sabaoth, dan masih banyak lagi yang ada disebutkan di dalam alKitab. Di dalam alkitab nama yang paling sering disebut dengan nama YHWH yang merupakan bahasa ibrani. Bahasa ini telah diulang dan ditulis dalam kitab yang merupakan perjanjian lama yang telah lampau dan mempunyai penerjemahan adalah TUHAN. Dari abad terdahulu hingga sekarang penggunaan nama YHWH ini dilarang dalam pengucapannya di dalam orang Yahudi karena takut adanya penyalah gunaan. Maka dari itu, YHWH ini sering diganti pengucapannya dengan Adonian yang memiliki makna dan arti dari Tuan atau Tuhan. Komunitas agama Yahudi di dalam bangsa Israel, mengganggungkan nama Tuhan mereka dengan nama YHWH untuk menunjukkan rasa hormatnya secara mendalam kepada Tuhan mereka.

YHWH merupakan sebuah sebutan orang di dalam bentuk ketiga yang sifatnya tunggal. Perkataan dari illahi para yahudi ada 3 konteks nama YHWH yang memberitahukan adanya kepribadian dari illahi yang baru, rumusan tersebut bahwasannya TUHAN yang disembah sama saja dan satu. Hal ini Ilahi menunjukkan pada perumusan hal yang dinamis, bukan hanya merujuk pada kata benda. Seluruh manusia boleh menganut dan mengimaninya dengan layak. Melakukan segala apa yang diindahkan oleh Ilahi dan menaati segala peraturan yang ada. Disini Ilahi menyuruh para manusia untuk tidak terlalu dieksploitasi namanya serta memberikan penyembahan kepadanya layaknya orang-orang penyembah berhala dan hanya digunakan untuk kepentingan dirinya sendiri. Setelah mengetahui nama Ilahi bukan berarti digunakan dalam hal untuk menguasai nama dari Ilahi, hal ini tentu saja dilarang dalam agama Yahudi. Karena, hal ini bisa disalah gunakan para manusia untuk segala kepentingan yang tidak baik.

Begitulah mengenai TUHAN dari bangsa Israel yang merupakan komunitas beragama Yahudi. TUHAN yang disebut sebagai YHWH atau Yahweh. Untuk dapat mengenal lebih dekat dengan TUHAN dari bangsa Israel ini kamu dapat mencarinya dan mempeljari dari dalam alkitab para Yahudi. Dalam bahasa Indonesia sendiri memiliki artian yang berupa TUHAN bala tentara. Untuk hal seperti, bagi para Yahudi untuk dapat mengimani nama TUHAN haruslah dengan cara menganggungkan nama TUHAN dan tidak menggunakan nama TUHAN dalam hal ataupun perbuatan yang keji dan kejam, serta mencoreng nama agama yang dianut oleh komunitas Yahudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Tweet
Share
Pin
Share