Salah Kaprah dalam Pelafalan YHVH yaitu Yahweh Bagi Orang Kristen Indonesia

Salah Kaprah dalam Pelafalan YHVH yaitu Yahweh Bagi Orang Kristen Indonesia

Banyak-banyak kini orang yang beragama kristen di Indonesia mengganti kalimat Allah dalam agamanya menjadi Yahweh yang berasal dari kata YHVH. YHVH ini sering digunakan para warga Israel yang memeluk komunitas para yahudi. Menurut rumor yang beredar bahwasannya orang-orang kristen di Indonesia ini mengucapkan kalimat Allah ini seperti menyembah Tuhan dari orang-orang yang memeluk agama Islam. Padahal sudah dijelaskan bahwa YHVH tidak boleh digunakan karena pelafalan yang masih belum jelas walaupun di dalamnya sudah ada perjanjian lampau mengenai YHVH yang menggunakan bahasa Ibrani. Bahwasannya, orang-orang kristen di Indonesia mengklaim nama dari Tuhan di agamanya yaitu YHVH bukan Allah yang merupakan Tuhan dari orang islam. Bahwasannya, mereka para orang kristen di Indonesia ini juga menganut penyebutan Tuhan mereka sama seperti bangsa Israel, padahal dilarang juga dalam pelafalannya karena artinya yang belum jelas dan takut untuk disalah gunakan oleh para pemeluknya.

Pada mulanya, para warga kristen yang berada di Indonesia ini mulai menyukseskan pengucapan salamnya yang berupa selamat pagi, siang , ataupun sore menjadi kalimat shalom. Sekarang, para warga kristen di Indonesia menggunakan pengucapan Tuhan mereka yang dianut kepercayaan oleh orang Yahudi di Israel yang sejak dulu terjadi dengan Kalimat Yahweh. Di sini ketidaksadaran dari orang-orang kristen di Indonesia, ini dapat menyerang perjanjian lama yang ada pada masanya dengan menggunakan bahasa Yunani. Padahal jika mereka yang menolak kalimat Allah dalam ajaran agama kristen mereka sama saja mereka juga menolak kalimat YHVH dan Elohim yang sama-sama mengandung arti TUHAN. Untuk Kurios dan Theos ini telah tercantum di dalam perjanjian yang baru dengan penggunaan bahasa Yunani. Tentu saja mereka menolak dengan mentah yang ada di dalam perjanjian baru, padahal hal seperti itu merupakan Firman Tuhan bagi orang-orang kristen. Padahal, sudah disebutkan dalam alkitab untuk menganggungkan nama Tuhan mereka dan tidak boleh menyalah gunakan nama Tuhan untuk hal yang berbau keburukan. Antara Kurios yang merupakan tulisannya berasal dari bahasa Ibrani adalah YHVH, ini sering di sebut dengan orang-orang Kristen ini sama halnya dengan Yahweh. Padahal, penyebutan lafal dari YHVH adalah Adonai.

Padahal YHVH ini tidak boleh diucapkan pelafalannya secara sembarang bagi orang yahudi, tetapi orang-orang kristen Indonesia megucapkannya dengan sembarangan. Padahal penggunaan kalimat Yahweh ini tidak memperlancarkan mereka untuk berdekatan dengan Tuhan bagi orang yang memeluk agama kristen. Melainkan malah akan menjauhi penciptanya, karena sulit menerima nama Tuhan mereka yang sebenarnya. Masalah keimanan seseorang bukan dilihat dari cara menyebutkan nama Tuhan mereka, melainkan dilihat dari seberapa seringnya ia menganggungkan nama Tuhannya dalam beribadah dan meminta sebuah pertolongan dan rahmatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Tweet
Share
Pin
Share