Mengenai Yahwe, Tuhan Agama Yahudi Bangsa Israel

Mengenai Yahwe, Tuhan Agama Yahudi Bangsa Israel

Mengenai Yahwe, Tuhan Agama Yahudi Bangsa Israel – Pernahkan Anda mendengar mengenai kata Yahwe? Bagi sebagian besar masyarakat terutama masyarakat nasrani pastinya pernah mendengar ataupun mengetahui mengenai kata Yahwe yang berasal dari bahasa Ibrani ini. Bagi yang belum mengetahui, Yahwe atau YHWE adalah nama Tuhan dari agama Yahudi yang banyak dianut Bangsa Israel. Adapun sebagain besar bangsa ini menganut agama Yahudi yang mana agama ini berdasarkan keturunan dan hanya keturunan bani Israel yang bisa menganut agama tersebut. Dalam alkitab, Anda akan menemukan nama lain dari Yahwe ini mulai dari YHWH Jireh, Sabaoth dan Nissi dan lain-lain. Dari beragam nama Tuhan dalam agama yahudi bangsa Israel yang ada, nama YHWH adalah yang paling sering disebut. Walaupun nama YHWH sendiri banyak ditemukan dalam alkitab, tetapi tidak boleh dilafalkan atau diucapkan demi menghindari adanya penyalahgunaan nama. Untuk itulah bagi siapa yang ingin mengucapkan Yahwe ini, harus mengantinya dengan Adonian yang artinya adalah Tuan atau Tuhan. Adapun pengunaan dari nama YHWH sendiri adalah untuk memperlihatkan bagaimana rasa hormat mendalam yang dipunyai kepada Tuhan yang disembah.

Yahwe dianggap sebagai pencipta segala hal yang ada di alam semesta dan mempunyai keahlian yang tdak bisa ditandingi ataupun disangkal. Pada abat ke 6-SM, akhirinya Yahwe dicanangkan menjadi Tuhan satu-satunya, pemilik sejati segala hal dalam alam semesta dan juga pecipta alam semesta. Untuk mmebahas lebih jauh mengenai Yahwe dalam agamaya Yahudi orang Israel ini, harus Anda pahami terlebih dahulu mengenenai Yehuda yang merupakan asal dari Yahudi. Yehuda diambil dari salah satu suku terbesar milik nenek moyang Israel. Dulunya memang hanya berlaku untuk salah satu keturunan terbesar saja namun saat ini sudah menjadi salah satu istilah umum bangsa Israel. Nah terdapat tiga konteks dalam nama YHWE Tuhan agama Yahudi Bangsa israel ini yang menghasilkan suatu rumusan dimana Tuhan hanya ada satu saja dan yang disembah sama saja. Semua manusia berhak mengimani dan menyembah Tuhan ini dengan layak. Penganut agama Yahudi sendiri percaya bahwa YHWE Tuhan memberikan sebuah tanah khusus yang disebut sebagai tanah terjanji kapada bangsa Israel. Hal ini tertuang dalam sabda Tuhan di Yehezkiel 37:21. Bagi yang memang menganut agama Yahudi ini harus mengikuti semua sabda Tuhan termasuk kembali ke tanah terjanji.

 Tuhan Agama Yahudi Bangsa Israel

Untuk memuliakan Yahwe, tentu saja masyarakat Israel pengaut agama Yahudi ini punya waktu khusus dimana mereka akan berbadah atau berdoa. Waktu tersebut pada hari sabat atau haris sabtu yang dijadikan hari utama peribadatan. Selain itu antara jumat serta sabtu sore, pengaut gama Yahudi akan memakan rotii yang sudah diberkati, meminum anggur dan juga menyalakan lilin dengan cara mereka sendiri. Walaupun sudah ada waktu khusus untuk menyebah Yahwe, bagi mereka yang amat taat akan melakukan penyembahan dan berdaoa setiap hari kepada Yahwe yang dipunyai sendiri. Perlu Anda ketahui bahwa Yahwe dan janji-Nya menjadi isi utama dari kitab agama Yahudi ini dimana Yahwe sendiri berjanji kepada Abraham dan keturunanya bahwa Ia akan memberikan perindungan dan rahmat yang melimpah karena keturunnya ini yang merupakan bangsa Israel taat akan kitab perjanjian lamad dengan imat yang kuat kepada Tuhan. Ajaran dan juga informasi mengenai Yahwe maupun agama Yahudi secara lengkap bisa Anda langsung simak melalui alkitab yang tersedia. Ataupun apabila tidak mempunyai alkitab, bisa menyimak dari artikel-artikel khusus yang tersedia dan membahas mengenai Yahwe agama Yahudi bangsa Israel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Tweet
Share
Pin
Share