Informasi Lengkap Seputar Tuhan Bangsa Israel Yakni YHWH atau Yahwe

Informasi Lengkap Seputar Tuhan Bangsa Israel Yakni YHWH atau Yahwe

Informasi Lengkap Seputar Tuhan Bangsa Israel Yakni YHWH atau Yahwe – Sebagian besar dari bangsa Israel penduduknya beragama Yahudi. Pastinya sudah tidak asing lagi kata Yahudi ini bagi masyarakat luas mengingat agama ini masuk dalam jajaran agama yang penganutnya banyak. Kata Yahudi dalam agama ini sendiri diambil dari keturunan Yehuda. Untuk Tuhan bangsa Israel beragama yahudi ini sendiri dinamakan YHWH atau Yahwe. Menariknya, nama dari Tuhan ini punya sebutan lain dalam Alkitab yakni seperti Nissi, YHWH Jireh, Sabaoth dan lain sebagainya. Dari beragam nama yang ada, nama YHWE adalah nama Tuhan dari agama yahudi bangsa Israel yang paling sering disebut. YHWE sendiri berasal dari bahasa Ibrani, bahasa yang cukup populer hingga saat ini. Nah, perlu Anda ketahui bahwa pengunaan nama YHWE ini mulai dari dulu sampai saat ini pun pengucapannya dilarang dalam kalangan orang bangsa Israel beragama yahudi sendiri. Hal ini dikarenakan ditakutkannya ada penyalahgunaan yang merugikan. Oleh karena pengucapan YHWH ini dilarang, maka pengucapannya akan diganti dengan kata bermakna sama yakni Adonian yang maknya adalah Tuhan atau Tuan. PEngunaan nama YHWH bagi bangsa israel yang punya agama Yahudi ini adalah untuk mengagungkan dan menunjukan rasa hormat yang dipunyai kepada Tuhan yang dipunyai.

Yahwe atau Tuhan dalam ajaran agama Yahudi bangsa Israel ini mengajarkan mengenai banyak hal. Beberapa diantaranya adalah cinta kasih atau mengasihi terhadap sesama manusia layaknya cinta Tuhan kepada manusia dan menyembah YHWE sebagai satu-satunya Tuhan. Selain itu, penganut agama yahudi bangsa Israel ini juga diajarkan mengenai keesaan Tuhan, menjaga alam, berguna bagi sesama, mengamalkan ajaran Tuhan dan juga pastinya meninggalkan beragam larangan yang sudah Tuhan berikan. Keluarga merupakan hal yang penting dan utama bagi bangsa Israel. Bagi mereka yang yang setia dalam ajaran yahudi, penyembahan terhadap YHWE yang merupakan Tuhan mereka ini akan dilakukan setiap hari. Secara khusus, harus sabtu atau yang biasa disebut dan dikenal dengan hari sabat adalah hari utama untuk untuk beribadah menyembah Yahwe. Antara hari jumat dan sabtu sore, penganut agama Yahudi bangsa Israel ini akan meminum secangkir anggur, memakan roti yang sudah diberlaki dan juga menyalakan sebuah lilin. Hanya orang-orang yang masih dalam keturunan bani Israel saja yang bisa menganut agama Yahudi dan melakukan penyembahan kepada Yahwe secara tuhan seperti yang sudah dijelaskan.

Bangsa Israel percaya bahwa Tuhan telah menjanjikan sebuah tanah dan mereka harus kembali ke tanah tersebut. Hal ini bisa dilihat langsung dalam Yehezkiel 37:21 dimana terltulis Tuhan menjanjikan kepada bangsa Israel mengenai ‘tanah yang dijanjikan’ ini. Merupakan sebuah kewajiban bagi mereka bangsa israel yang memeluk agama yahudi untuk kembali ke tanah tersebut seperti yang sudah Tuhan sampaikan. Selain itu ketahuilah pula bahwa isi dari kitab yang dipunyai Agama Yahudi sendiir berisi perjanjian yang sudah YWHE buat kepada Abraham bahwa ia dan semua keturunannya akan diberikan perlindungan dari Yahwe dan diberikan rahmat. Hal ini dikarenakan keturunan bangsa Israel dikenal taat akan pernjanian lama dan beragam aturan lainnya yang sudah ditetapkan. Untuk melaksanakan janji YHWE atau Tuhan ini, Tuhan mengutus Musa untuk menyampaikan wahyu ini. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai Tuhan bangsa israel YHWE alias Yahwe ini, bisa langsung membaca alkitab yang tersedia ataupun membaca beragam artikel mengenai tuhan bangsa Israel Yahew di situs sbobet link dan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Tweet
Share
Pin
Share